Rabu, 09 Maret 2016

SHOCK BREAKER BELAKANG

Penulis barusan mendapatkan kiriman mannual book dari dulur Om Agus Bramantyo. Mannual Book nya sangat bagus dan detail. Tidak seperti yang selama ini dimiliki dan dishare penulis. Agar bisa memberi manfaat, secara bertahap akan penulis share disertai penjelasan secukupnya agar mudah dipahami. REAR SHOCK BREAKER (SKOK BELAKANG)
Kutipan mannual book.

 Baiklah kita bahas satu per satu : 
 1. Rubber sheet (Lembaran karet)
 Berfungsi untuk melapisi bagian atas skok dengan body mobil. Untuk meminimalisir gesekan logam dengan logam. Bisa dibikin sendiri dari ban dalam. Digunting dan dibentuk sesuai dengan lubang bautnya. Penulis belum mendapatkan info apakah karet ini tersedia di toko, karena bisa digantikan dari ban dalam bekas,

2. Nut (Mur pengencang) 
Part ini kita dapatkan saat membeli shock baru. Mur berukuran kunci 17. 

3. Mounting Block. 
Penulis biasa menggunakan shock support. Terbuat dari kombinasi besi dan karet yang dicor. Bagian ini tempat mengikat as skok, yang dikencangkan dengan baut. Bagian ini yang sering jebol/retak bagian karetnya. Sehingga termasuk part yang sering diganti. Banyak tersedia di toko dengan mutu KW. Harganya bervariasi, berkisar 100-200 ribu per pcs. 
Shock support


4. Upper spring seat
Kalo diterjemahkan, berarti “dudukan per atas”. Penulis merasa lebih enak menggunakan istilah shock support bagian bawah. Ada juga yang mengatakan “Loncengan” karena sepintas bentuknya mirip bel/lonceng. Terbuat dari besi. Berfungsi mengikat skok dengan body mobil. Part ini jarang sekali rusak, bisa dikatakan lifetime (seumur hidup) mobil. 

5. Spring Seat 
Spring seat (dudukan per), biasa disebut juga karet atas. Terbuat dari karet. Berfungsi menyekat antara per dengan loncengan (dudukan shock atas) agar tidak terjadi gesekan besi dengan besi. Umur pakai cukup lama. Masih banyak tersedia di toko. Harga berkisar antara 90-120rb. Tergantung mutu dan tokonya.


6. Bound Stopper 
Bound stopper (tutup pelindung), lebih dikenal dengan boot skok. Berfungsi melindungi as skok dari kotoran dan pasir. Agar awet dan tidak tergores. Bagian atas merupakan pelindung agar saat skok menerima beban berlebih, tidak terjadi benturan antara besi skok dengan dudukan skok. 


7. Coil Spring 
 Coil spring (per) terbuat dari baja. Merupakan part yang memberikan efek memantul. Harganya berkisar 400 ribuan.


8. Lower Spring Seat 
 Lower Spring Seat (dudukan per bawah). Sering disebut karet bagian bawah. Fungsinya seperti bagian atas. Harganya berkisar 20rb-40rb.


9. Shock Absorber 
Bagian ini berfungsi melakukan peredaman gerakan naik dan turun mobil, dan gerakan memantul per. Harganya bervariasi mulai dari 700 ribuan sampai jutaan. Ada 2 macam, yaitu : skok gas dan skok oli. Skok gas biasanya lebih keras, tapi lebih stabil dibandingkan skok oli. Sedangkan skok oli lebih empuk, namun kurang stabil dibanding skok gas. skok belakang Itulah sekelumit mengenai skok belakang ford laser. 

Semoga memberikan manfaat. Terima kasih kepada Om Agus Bramantyo atas kiriman Mannual Book nya.

2 komentar: