Minggu, 25 Januari 2015

SYSTEM PENDINGINAN MOBIL

Pada umumnya system pendinginan pada mesin mobil menggunakan air. Air dialirkan ke di jalur di sekitar ruang pembakaran yaitu di blok mesin dan silinder head. Air yang panas dialirkan melewati radiator, kemudian didinginkan dengan menggunakan kipas.

Sebelum kita membahas mengenai system pendinginan pada mesin mobil, ada baiknya kita kenal beberapa istilah yang berhubungan dengan system pendinginan mesin mobil.  Seringkali kita salah menyebutkan alat atau parts tersebut, sehingga membuat pemilik toko bingung.

Adapun beberapa parts yang berhubungan dengan pendinginan mobil antara lain adalah :

1. Radiator. 
    Yaitu parts yang bertanggungjawab terhadap pendinginan air setelah melewati mesin, untuk kemudian dialirkan kembali ke mesin. Radiator terdiri dari kisi-kisi kecil yang dilewati air, kemudian didinginkan dengan menggunakan kipas (fan).

2. Waterpump (pompa air).
     Yaitu parts yang bertugas untuk memompa atau mengalirkan air agar air bersikulasi ke mesin dan radiator.
Posisi water pump pada FL.

3.  Switch temperatur (thermo sensor).
     Adalah parts yang bertugas mengukur suhu air di mesin yang kemudian dihubungkan dengan jarum penunjuk di dashboard.

    
Jarum yang menjadi indikator suhu mesin.
Thermosensor (dilingkari) pada FL.


Thermo sensor.
4.  Switch fan.
     Adalah parts yang bertugas untuk menyambungkan atau memutus arus ke fan (kipas), sehingga kipas hanya hidup sesuai dengan kebutuhan saja.
Switch fan radiator.
5.  Fan (electric fan).
     Adalah parts yang bertugas menyedot angin panas dari radiator, sehingga air yang mengalir di kisi-kisi radiator menjadi turun suhunya.
Electri fan.

6.  Thermostat
     Adalah parts yang bertugas membuka/menutup aliran air dari mesin ke radiator, sehingga suhu di mesin menjadi stabil pada suhu optimal pembakaran. Suhu saat thermostat membuka bermacam-macam. Biasanya suhu buka thermostat dicantumkan di bagian atas thermostat.

Gambar posisi thermostat pada FL (panah hitam).
Suhu kerja thermostat menunjukkan suhu saat thermostat membuka.


7.  Selang bypass.
     Adalah selang yang berfungsi tempat air mengalir dan bersikulasi saat aliran ke radiator ditutup oleh thermostat.
Selang Bypass yang melingkar ke belakang mesin.
Gambar selang bypass dilihat dari depan (panah kuning).

Adapun system kerjanya adalah sebagai berikut :
1. Saat mesin dinyalakan, water pump ikut bekerja. Air masih bersuhu rendah, sehingga thermostat masih menutup, switch fan belum bekerja, sehingga kipas belum nyala.
2. Air disirkulasikan di mesin tanpa melalui radiator, tapi melalui selang bypass. Sehingga suhu cepat naik menuju suhu optimal pembakaran.
3. Ketika suhu air naik sampai suhu kerja thermostat (70 atau 80 atau 90 derajat Celcius), maka thermostat akan membuka. Air mengalir ke arah radiator, melewati switch fan. Switch fan dialiri air panas, sehingga bekerja menyalurkan arus ke fan. Fan radiator menyala.
4.  Air yang mengalir ke radiator melewati kisi-kisinya. Angin mengalir dari depan dan disedot oleh fan radiator. Terjadi proses penurunan suhu air.
5. Air dipompa menuju mesin. Suhu mesin menurun, sehingga thermostat menutup lagi. Fan mati. Air disirkulasikan di mesin tanpa melalui radiator. Suhu air naik lagi, thermostat membuka, fan nyala.
6. Begitu seterusnya proses pendingan berlangsung berulang-ulang.

Apabila thermostat masih terpasang, fan masih memutar otomatis, maka suhu mesin akan stabil. Tanda paling mudah untuk menandai apakah thermostat masih terpasang atau sudah lepas adalah dengan melihat kondisi jarum temperatur. Bila jarum temperatur tetap pada posisinya dan tidak berubah-ubah mengikuti suhu lingkungan, maka dipastikan thermostat masih terpasang.

Posisi jarum temperatur yang berubah-ubah mengikuti suhu luar menunjukkan thermostat tidak berfungsi atau sudah dlepas. Saat hujan jarum akan turun, saat panas jarum naik.

Pada umumnya, ada kesalahan pemahaman mengenai thermostat. Banyak montir beranggapan bahwa thermostat hanya berfungsi bagus di Eropa di saat musim dingin. Sedangkan di Indonesia yang tropis, thermostat tidak berguna. Sehingga banyak yang melepas thermostat dari mobilnya.

Di tambah lagi banyak kasus terjadi karena thermostat yang rusak atau tidak berfungsi.  Banyak kejadian thermostat yang sudah waktunya diganti, namun tidak dihiraukan. Sehingga menyebabkan mobil overheating. Dikatakan bahwa penyebab overheating adalah thermostat. Sehingga thermostat dilepas dan tidak digantikan yang baru.  Padahal, penyebabnya bukan karena adanya thermostat, namun karena thermostatnya yang minta ganti.  Sebagian besar mobil lawas, sudah tidak terpasang thermostat.

Ditambah lagi dengan adanya pemahaman yang salah mengengai suhu mesin. Semakin rendah suhu mesin, semakin bagus. Padahal pemahaman ini salah. Mesin akan bekerja dengan baik pada suhu optimalnya. Yaitu pada suhu 90 derajat. Semakin rendah suhu, pembakaran tidak sempurna sehingga tenaga loyo dan boros bbm.

Semoga berguna.
Salam Guyub Rukun.

32 komentar:

  1. Mohon pencerahan bro...
    Misal electric fan tidak dikasi switch apa ada pengaru dlm pendinginan radiator dan pengaruh ke sistem pendingin yg lain
    Thx...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila tidak dikasih switch, artinya fan dilangsung. Begitu kontak ON, fan langsung hidup. Hal ini berpengaruh pada suhu, dimana saat cuaca dingin (hujan, pegunungan) maka suhu radiator jadi rendah. Otomatis suhu mesin juga rendah, sehingga tidak mencapai suhu optimal pembakaran. Menyebabkan bensin boros, tenaga kurang.

      Hapus
  2. Electric fan yang langsung disambung akan menyebabkan suhu mesin tidak mencapai suhu optimal. Sehingga pembakaran tidak sempurna. Mobil jadi boros, tenaga loyo.
    Efek lain umur fan lebih pendek karena nyala terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau tanya om.klu temperatur cepat naik itu apa ya om pennyebab nya.

      Hapus
  3. Mau tanya juga.. kadang kalo tidak pakai ac teperatur stabil. Pas pakai ac temperatur cepat naik. Dan bisa mengakibatkan gagal masuk gigi dan mesin mati. Kira" kendala nya apa yah? Terima kasib

    BalasHapus
  4. Mau tanya juga.. kadang kalo tidak pakai ac teperatur stabil. Pas pakai ac temperatur cepat naik. Dan bisa mengakibatkan gagal masuk gigi dan mesin mati. Kira" kendala nya apa yah? Terima kasib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau perangkat pendinginan normal, pemakaian AC tdk akan menyebabkan overheat.
      Coba pastikan dulu keadaan radiator, waterpump, pipa-pipa, fan radiator sehat dulu. Bila masih overheat, coba lihat extra fan AC apakah nyala dengan sempurna. Bisa juga dicoba dengan menambahkan extra fan AC. Jadi memakai 2 extra fan.

      Hapus
  5. selang2 bgus smua tremostat bgus udah gnyi baru wktu panas idup fan nya tpi klo jln jauh air di radiator knp berkurang ya....mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  6. mau tanya dong,dmna ya tempat mesan sparepart Thermo state Ford laser th 94??soalnya saya di lampung sudah kemana mana gk ada..
    mohon petunjuk nya..

    BalasHapus
  7. Mohon petunjuk om, FL saya lagi ngambek nih.. berikut rentetan kejadiannya :
    1. stelah sempat overheating (sudah teratasi) langsam jadi tidak stabil, hidup nya juga tersendat-sendat, asap knalpot hitam pekat, boros bahan bakar, ada letusan di knalpot, dan karburator batuk-batuk... mohon bantuan para suhu... langkah apa yang harus diambil..?? karena busi+koil jg sudah diganti tpi tidak membuahkan hasil...

    BalasHapus
  8. Mau nanya jg om klo mau nyalain ac mbil ford laser yg normal pas tombol ac posisi on fan condenser ikut muter jg atau sendiri" ya cara krja nya, kok mbil sya klo mau hidupin ac kok pkek swicth yg di geser itu yg ada gmbar kipas sma angka 1 2 3 4 bwt gede.in angin yg kluar dr ac itu ya

    BalasHapus
  9. Tanya om br aj fan sy mati air rdator jd hbs suhu naik,biasanya kontak on dia muter tp skrg dia mati apa yg hrs d cek y...kabel msh nyambung secara kasat mata (belum cek pake multtstr) kl skring yg mana y krn sy liat diagram d intrnet sm aktual beda.. apakh dia pke relay jg kl ia pake kaki brp sm posisi dmn y.smntr itu prtnyaanya temksh atas jwbnya

    BalasHapus
  10. Kalau air sering ke luar dari knalpot walaupun mesin sudah panas di tambah asap tebal kenapa ya



    BalasHapus
    Balasan
    1. Air masuk ke pembakaran, bisa dari head silinder bengkok atau karena packing dekse rusak

      Hapus
  11. Mesin sudah panas tapi air tetap ke luar dari knalpot ditambah asap putih air radiator jadi berkurang kenapa ya bang....ford tahun 84

    BalasHapus
  12. Bila pipa bypaas yg mengarah ke karbu ditutup asap putih dari knalpot ilang...kira kira ada efek ke depanya ga bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air masuk ke intake manifol, cek packing intake manifol

      Hapus
  13. Klo moobil saya abis cuci carburator ko ga bisa stabil lagi..padahal kemarin stabil banget..mohon penjelasan.xa suhu

    BalasHapus
  14. Mau tanya om kalau dan parah suhu kalau air radiator kayak tercapmpur minyak ,kenapa ya,tapi radiator normal,trims

    BalasHapus
  15. Mau tanya jg om klau nyalain ac fan ac itu nyala terus,bukannyh pan ac nyala mati nyalah mati klo udh dingin,trimksh

    BalasHapus
  16. Mau tanya jg om klau nyalain ac fan ac itu nyala terus,bukannyh pan ac nyala mati nyalah mati klo udh dingin,trimksh

    BalasHapus
  17. Gan kalo wiring buat thermo sensor nya gimna ya?soal nya indikator nya berkedip terus...nuhun

    BalasHapus
  18. Gan mau tanya... Kemarin mobil saya kepanasan sampai air radiatornya muncrat lewat tampungan... Gara2 elektrik fannya mati.... Setelah fannya diperbaiki Thermo sensornya dibawah setengah... Kira2 apa dah normal gan.. tank you

    BalasHapus
  19. Terimakasih banyak senior ilmu nya udh di share 🙏

    BalasHapus
  20. Punya q.baru sebentar nyalain mesin.udah full temperator ke H..kipas nyala aj

    BalasHapus
  21. Gan maaf saya mau nanya switch fan ford yang cocok di ganti dengan switch mobil apa ya gan dan apa bisa bekarja switch fannya jika tidak ada termo startnya terima kasih mohon petunjuk

    BalasHapus
  22. Maaf saya mau tanya. Saya punya mobil Ford laser the 97 1.3 cc. Terjadi overhed kemudian saya bongkar head silinder kemudian saya sleep hingga rata kembali. Setelah saya pasang masih terjadi over mesin cepat panas mohon petunjuk... Terimakasih

    BalasHapus