Senin, 06 Juli 2015

TIPS n TRIK : CEK KEBOCORAN ARUS

Salah satu yang sering dikeluhkan oleh para Flocker adalah aki tekor. Bila aki tekor disebabkan oleh kondisi aki yang soak, maka solusinya gampang. Tinggal ganti aki dengan yang baru.
Namun seringkali kejadian ini menimpa aki yang baru. Hal ini disebabkan oleh kebocoran arus. Tandanya, bila kabel aki dilepas, aki tidak tekor walau tidak dipakai berhari-hari. Namun bila tidak dilepas, aki jadi tekor walau diam sehari saja.
Untuk mengatasinya, berikut ini ada tips dari Flocker Malang, Om Tjipto Cece. Dibantu penjelasannya oleh Om Fadholi dot net dari Lamongan. Kami sajikan tips dan trik ini untuk para Flocker sekalian. Di bawahnya, ad tips dari om Temmy Raynandie, menggunakan alat yang lebih modern.
Tips dari Om Tjipto Cece.
Alat : Tespen DC. Atau bisa juga menggunakan bohlam dashboard yang disambungkan dengan kabel.
Langkah-langkah :
  1.  Posisikan kunci kontak pada posisi OFF.
  2.  Lepaskan kutub positip (+) aki.
  3. Hubungkan (sambungkan) secara seri kutub positip dengan lampu/tespen dan kabel positip.\
  4. Perhatikan. Bila lampu tespen nyala, maka dipastikan ada kebocoran arus. Bila tespen tidak menyala, maka berarti aman.


5.      Bila tespen nyala, maka langkah selanjutnya dapat kita telusuri bagian yang bocor. Caranya dengan melepas skering satu per satu. Saat sekring dilepas, bila lampu tespen mati, maka bagian itulah yang bocor.
Cara ini sangatlah mudah dan sederhana. Karena bisa menggunakan alat-alat yang mudah kita temui. 
”Tidak semua Flocker mempunyai multitester”, kata om Tjipto Cece.  Mudah-mudahan berguna bagi para Flocker.
Om Tjipto Cece 


Tips dari Om Temmy Raynandie
Alat : Multitester
Langkah-langkah :
  1.  Lepaskan semua kutub aki.
  2.  Posisikan setelan multitester pada OHM (Ω).
  3. Hubungkan kabel positif mobil dengan kutub negatif tester. Dan kabel negatif mobil dengan kutub positif tester.
  4. Perhatikan jarum tester. Bila ada pergerakan jarum, walaupun kecil sekali, maka ada kebocoran arus.


“Bila ada gerakan jarum, maka selanjutnya tinggal kita cabut saja sekring satu persatu. Bila pada sekring yang kita cabut, jarum menjadi netral, maka itulah biangnya. Tinggal kit urut saja kabelnya”. Pungkas om Temmy.
Om Temmy Raynandie



13 komentar:

  1. Sekring udah dicopot satu-satu.....tapi lampu tespen tetep nyala

    hanya satu sekring yaitu sekring besar (utama) 80A bila di copot mati lampu tespennya....itu artinya apa?

    BalasHapus
  2. sama mas, sekring sudah di lepas satu satu, tapi lampu nyala semua

    BalasHapus
  3. Berati bagian bocornya setelah sekring besar dan sebelum sekring kecil" gan. D urut aja

    BalasHapus
  4. Kalo smw fuse di lepas dan lampu tetep nyala solusinya gimana om

    BalasHapus
  5. Jika saya ingin mengetahui besarnya arus yang bocor bagaimana?

    BalasHapus
  6. kasus mobil sy...klo sen kanan nyala lp rem ikut nyala.....klo lp depan sy nyalakan lp sen kanan mati....apa penyebabnya ya master .....

    BalasHapus
  7. Sy sngt trbantu dgn cara ini,trmks

    BalasHapus
  8. Coba dulu, thanks sudah berbagi

    BalasHapus
  9. mobil xenia aku 2008 mengalami kebocoran tolong yg punya kenalan bengkel bisa perbaiki kebocoran arus kabel wa aku 087882686691 posisi di jakarta selatan

    BalasHapus
  10. Sy sering nemuin arus bocor pd mobil biasanya di Relay kompresor.sebab kompresor Ac arusnya gede.dan klw pososi on.MC kompresor aktif..kt ga bs deteksi.maka disarankan sblm matiin mesin.Ac matiin dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara rancangan harusnya ketika kontack off ..semua kelistrikan off twermasuk ac...saoalnya ac..untuk apa relay nyala toh ac tanpa mesin idup tak ada gunanya..

      Hapus
  11. Mau tanya om, itu lampu bohlam kan ada positif negatif, di gambar satu semua di hubungkan ke positif, apa biya nyala om lamounya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lampu kan..filamen sebenanya tak ada plus minusnya ,,beda dengan yg sudah led

      Hapus