Senin, 02 November 2015

KENALI MOBIL KITA : SISTEM SUSPENSI BELAKANG FORD LASER

Setelah beberapa waktu yang lalu kita bahas mengenai sistem suspensi depan, maka sekarang kita coba bahas sistem suspensi belakang.
Pada umumnya, suspensi belakang mobil ada 2 macam, yaitu :
1.    Sistem suspensi rigid.
2.    Sistem suspensi indenpendent.
Ford  Laser menggunakan sistem suspensi belakang jenis indenpendent. Suspensi independent mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem rigid, terutama dari sisi kenyamanannya.
Sifat-sifat suspensi independent :
1.    Gerakan satu roda tidak mempengaruhi roda lainnya. Disinilah asal kata sistem independent.
2.    Konstruksi agak rumit dibanding rigid.
3.    Jarak roda dan geometri roda berubah saat pegas berfungsi.
4.    Titik berat kendaraan bisa rendah sehingga nyaman dan aman.
5.    Pegas dapat dikonstruksi selembut mungkin karena pegas tidak mengantar gerakan roda.
6.    Perawatan lebih rumit.
Dari beberapa jenis sistem suspensi independent, FL mengadopsi tipe STRUT DUAL LINK.


Tipe Stut Dual-link
Suspensi jenis ini banyak digunakan di mobil mesin depan penggerak depan. Roda-roda ditopang oleh dua suspension arm danstud rod. 
Suspension arm terletak hampir tegak lurus dengan garis tengah kendaraan, sedangkan strut rod sejajar dengan garis tengah kendaraan.


GAMBAR : SISTEM SUSPENSI INDEPENDENT DUAL STRUT LINK
Komponen sistem suspensi ini adalah :

1. Suspension Arm No. 1 dan No. 2.
Penulis mendapatkan nama lain dari part ini, yaitu SWING ARM. Terdiri dari 2 macam, dikenal dengan depan dan belakang. Arm ini terbuat dari besi baja yang kuat. Di ujung-ujungnya terdapat bushing yang terbuat dari karet. Di bagian tengah bushing karet ini terdapat bushing pipa besi sebagai tempat baut. Fungsi bushing karet adalah untuk meredam getaran ataupun goncangan.

Gambar : Arm Suspension (Swing Arm) no 1 dan 2. (Depan dan Belakang).
Swing arm mengikat roda dengan body mobil. Posisinya adalah tegak lurus dengan garis tengah kendaraan. 
Swing arm dapat bergerak ke atas dan ke bawah, mengikuti gerakan pegas.

Kerusakan pada part ini menyebabkan gejala mobil limbung, timbul suara glodakan dan timbul suara seperti besi beradu bila mobil melewati jalan tidak rata.

Part ini dijual segelondong utuh atau bisa juga diganti busing karetnya saja. Penulis menyarankan untuk mengganti part ini secara utuh. Karena penggantian bushing karet saja biasanya tidak awet. Bagaimanapun press dari pabrik akan lebih baik dibandingkan dengan press bikinan sendiri.
Gambar bushing karet untuk arm.



2. STRUT ROD
Penulis mengenal part ini dengan nama LINK LATERAL. Istilah ini penulis dapatkan dari beberapa literatur toko. Part ini mengikat roda dengan  body mobil. Posisinya sejajar dengan garis tengah mobil.


Gambar part Strut Rod (Link Lateral).
Seperti juga swing arm, part ini terbuat dari besi baja yang kuat dengan bushing karet di ujung ujungnya. 
Kerusakan pada part ini ditandai dengan mobil akan membelok sendiri bila melibas polisi tidur atau speed trap atau jalan yang keriting.
Part ini dijual secara gelondongan. Jadi tidak dijual bushingnya saja.

3. SHOCK ABSORBER
Penulis biasa menyebut part ini sebagai skok. Sebenarnya skok FL terdiri dari 2 part. Yaitu Shock absorber dan pegas (per). Kita secara umum sudah tahu bahwa fungsi part ini adalah untuk meredam kejutan saat mobil melibas jalanan yang tidak rata.
Part ini dijual terpisah antara shock absorber dengan per nya.
Gambar Skok FL.


4. SHOCK SUPPORT
Shock support dikenal sebagai dudukan skok. Berfungsi untuk mengikat skok dengan body kendaraan, menggunakan baut mur.

Gambar Shock support (dudukan skok) belakang.


5. STABILIZER 
Stabilizer merupakan sebatang besi berbentuk U yang menghubungkan roda kanan dengan roda kiri, diikat ke body. Fungsinya adalah untuk menyetabilkan mobil/roda saat mobil melibas jalan yang tidak sama ketinggiannya antara sebelah kanan dan kiri.  Stabilizer juga mengurangi ayunan liar saat melibas jalan bergelombang.

Gambar Stabilizer Ford Laser (dari google).

Itulah sekilas sistem kaki belakang Ford Laser. Semoga bermanfaat. Sumbang saran dan koreksi bila ada kesalahan sangat kami harapkan.

Tks
Flock #201
FJC #005




9 komentar:

  1. Wah...wah...aq pernah di tanyai...."montormu iki opo wes independent shok mburine.....
    aq cuma nyengir.....
    lah jd tau sekarang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an bisa menjawab pertanyaannya om Tjipto.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Trimakasih dukungannya Om Haries. Kapan nih ikutan kopdar??

      Hapus
  3. INFORMASI PENGAJUAN PINJAMAN LEASING BESS FINANCE.
    JAMINAN BPKB MOBIL TANPA BI CHEKING
    AREA JADETABEK

    Persyaratan :
    1. FC KTP Suami & Istri
    2. FC Kartu Keluarga
    3. FC NPWP
    4. FC AJB/SHM/PBB/Rek Listrik
    5. Rekening Tabungan 3bln terakhir
    6. Slip Gaji (Karyawan) /SKU (Wiraswasta)
    7.FOto copy stnk
    8.Foto copy bpkb
    9.Foto copy, faktur kendaraan.

    Hub : heri
    Telp : 0856-9406-5479
    wa : 0896-0594-0459
    Pin bb : 551C2CE0

    Tlng bantuan dan informasinya jika berminat.

    BalasHapus
  4. Gan. head lamp ford laser ghia 1990 kurang terang (kayaknya minta ganti) dimana bisa beli dan berapa besaran harganya. Terima kasih Gan

    BalasHapus
  5. Gan, klo sy mau pesan stabilizer utk ford laser ghia th 1990, dmn ya gan?

    BalasHapus