Selasa, 09 April 2019

SALURAN (PIPA / SELANG) BYPASS

Salah satu komponen mesin yang penting namun jarang diperhatikan adalah  saluran bypass. Terdiri dari  pipa dan selang bypass. Bahkan dalam pengecekan di bengkel resmipun, pipa dan selang ini bukan bagian dari item pekerjaan. Oleh karena itu, bila pemilik mobil kurang memperhatikannya, suatu saat akan dibuat susah olehnya. Apalagi, posisi pipa/selang ini melingkar ke belakang mesin. Membuatnya semakin jauh dari perhatian.
Gambar pipa yang keropos dan selang milik Om Amoeba

Penulis pernah mengalaminya. Ketika perjalanan dari Sidoarjo - Magetan. Sampai Kertosono temperatur naik. Penulis minggir dan periksa. Cek sana sini. Perhatian utama pada radiator dan kipasnya. Setelah tambah air radiator, lanjut perjalanan lagi. Sampai Baron, overheat lagi. Cek lagi dengan lebih teliti. Dan ternyata penyebabnya adalah selang baypass pecah. Karena pecahnya pas di ujung selang, yang masuk pipa. Maka tindakan darurat adalah dengan memotong selang tersebut, lalu pasang lagi. Dan perjalanan akhirnya lancar sampai tujuan.
Gambar Selang bypass (untuk FL Gala) milik penulis. Disandingkan dengan selang baru milik Isuzu Phanter. 


FUNGSI SALURAN BYPASS
Pipa bypass mempunyai fungsi yang vital. Pada mobil yang system pendinginannya masih standart. Saluran ini terdiri dari pipa yang disambungkan dengan selang.
Fungsinya sangat vital. Saat mesin masih dingin, thermostat masih menutup. Aliran air ke radiator berhenti. Sementara pompa air (waterpump) tetap jalan sesuai putaran mesin. Maka air dipompa bersirkulasi melalui saluran bypass. Karena bersirkulasi ke mesin tanpa melewati radiator. Maka air cepat naik suhunya. Sehingga thermostat akan membuka. Air mengalir ke radiator. Kipas menyala. Air didinginkan. Air dingin, thermostat menutup. Air sirkulasi ke mesin melalui bypass. Suhu air naik, thermostat membuka. Begitu seterusnya. Saluran bypass berperan menjaga suhu air tetap mencapai suhu optimal mesin.
Pipa dan selang bypass baru milik FL GL

POSISI
Pipa bypass menancap di bagian depan mesin. Sebelah kiri berdekatan dengan selang radiator bawah. Melintang ke arah kiri, kemudian belok ke belakang. Disbelah kiri mesin itu, pipa berakhir. Disambung dengan selang. Kemudian belok ke kiri lagi dan masuk ke bagian belakang mesin.

Ilustrasi posisi saluran bypass
Pada keterangan fungsi di atas. Disebutkan bahwa saluran bypass berfungsi saat thermostat menutup. Lantas, untuk mobil yang thermostatnya sudah dicopot (seperti mayoritas Ford Laser kita) bagaimana? Apakah saluran bypass ini masih berfungsi?

Sebagian teknisi meyakini bahwa membuang thermostat sebaiknya disertai dengan membuntu saluran bypass. Karena saluran ini jadi tidak berfungsi bila jalur thermostat selalu terbuka. Dan keberadaannya akan menyusahkan, karena jarang diperhatikan.
Tanda panah kuning menunjukkan posisi pipa bypass.

Namun sebagian teknisi lainnya meyakini bahwa tindakan membuntu saluran bypass justru berdampak merugikan. Hal ini bisa terjadi bila kondisi radiator sudah mulai banyak saluran yang buntu. Sehingga aliran air ke radiator tidak lancar. Sehingga kerja waterpump akan berat, karena air tidak mempunyai jalur lain untuk sirkulasi. Oleh karena itu menjaga keberadaan dan fungsi saluran bypass adalah tindakan yang bijak.
Posisi pipa bypass (panah merah)

Disini penulis hanya menyarankan agar keberadaan dan fungsi saluran bypass tetap kita jaga dan pelihara. Karena efek negatifnya lebih besar dibandingkan keuntungannya.

Salam
FLOCK #201

5 komentar:

  1. Mantap.
    Besok lanjut beli selang bypass sudah berumur

    BalasHapus
  2. Cara melepas selang bypass hyundai accent..

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya gan....sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  4. Mobil charade saya pipa bypassnya juga bocor kak bagian sambungan selangnya, itu semisal bongkar sendiri apa ya yg perlu diwaspadai soalnya aku dak ngerti komponen mobil sama sekali tapi penasaran buat ngatasi sendiri

    BalasHapus
  5. Maaf gan saya pemula mau tanya,apakah selang bypass yang menuju ke throtle body itu ngalir ada lubang nya apa ga yah

    BalasHapus