Salah satu yang
sering ditemui saat para Flocker menerima rondho FL, adalah elektrik
fan radiator sudah dijumper. Kabel positif (+) fan dihubungkan
langsung dengan kutub (+) koil. Sehingga saat kontak ON, fan langsung
nyala.
Hal ini sebenarnya menimbulkan beberapa efek negatif, seperti
:
- Suhu kerja mesin terlalu dingin (terutama saat cuaca dingin), sehingga boros BBM.
- Umur fan jadi pendek, karena nyala terus menerus.
- Umur aki akan pendek karena terpakai terus menerus.
- Starter jadi berat karena selain memutar dinamo starter, juga dibebani oleh fan radiator.
Idealnya fan
radiator akan menyala hanya saat suhu optimal kerja mesin tercapai.
Dan akan mati lagi saat suhu turun. Sistem nyala dan mati fan
radiator ini dikontrol oleh switch yang bekerja berdasarkan suhu.
Biasanya kondisi
ini disertai dengan kondisi perkabelan yang sudah acak adul. Sehingga
kita akan kesulitan bila akan mengembalikan sistem kerja fan radiator
seperti semula. Bila demikian keadaannya, maka perlu dibuatkan
rangkaian/jalur kabel baru agar fungsi fan radiator bekerja seperti
seharusnya, yaitu otomatis.
Berikut ini
beberapa skema perkabelan yang bisa digunakan untuk membuat fan
radiator bekerja secara otomatis berdasarkan suhu mesin.
SKEMA 1.
Skema ini sangat sederhana. Penulis
pernah mengaplikasikan pada FL dan berjalan dengan baik. Hanya saja,
karena saat itu penulis menggunakan switch KW murahan, sehingga suhu
kerja sangat rendah. Saat jarum temperatur bergerak sedikit, switch
sudah bekerja dan fan menyala.
Setelah bertemu dengan mekanik Om
Aditya Permana Putra, rangkaian dikembalikan ke kondisi asalnya,
karena ternyata rellay masih normal.
Bahan :
- Switch fan type NO (Normally Open). Yaitu switch saat suhu udara normal memutus arus, dan akan tersambung saat suhu tercapai (80-90°C).
- Rellay universal 4 kaki.
Gambar switch fan type NO untuk Daihatsu Charade. Penulis pernah memakai switch ini. |
Cara bekerja skema rangkaian :
Saat suhu masih dingin, switch type NO kondisi putus. Sehingga rellay juga putus. Tidak ada aliran arus, sehingga fan mati.
Saat suhu mencapai derajat tertentu (80-90°C), switch jadi sambung, sehingga memicu relay untuk sambung. Aliran arus mengalir langsung dari Aki ke fan. Fan menjadi menyala.
SKEMA 2.
Skema ini sebenarnya adalah skema asli
dari bawaan mobil. Bisa digunakan bila rellay telah rusak.
Bahan :
- Rellay Bosh 5 kali. Perlu diperhatikan rellay 5 kaki ada 2 macam. Yaitu jenis 1 : kaki ditandai dengan angka 30, 85, 86, 87 dan 87. Rellay ini tidak bisa digunakan pada rangkaian ini. Jenis 2 : kaki ditandai dengan angka 30, 85, 86, 87 dan 87a. Rellay ini bisa digunakan.
- Switch fan type NC (Normally close). Yaitu switch saat suhu udara normal berada dalam kondisi menyambung, dan saat panas tercapai akan memutus arus.
Gambar switch fan type NC. Pada suhu 92°C ke bawah akan sambung, dan putus pada suhu 97°C ke atas. |
Cara bekerja rangkaian :
Saat suhu dingin, switch type NC kondisi tersambung. Memicu rellay untuk ON, sehingga ada aliran arus ke kaki 87. Karena kaki 87 tidak terhubung ke fan, maka fan mati.
SKEMA 3.
Skema ini cukup rumit. Penggunaannya
didasarkan pada pertimbangan bahwa rellay 5 kaki harganya mahal,
sehingga perlu dihemat penggunaannya. Di skema ini, rellay 5 kaki
hanya digunakan sebagai trigger untuk rellay 4 kaki universal.
Testimoni om Temmy Raynandie, skema ini
bekerja dengan baik sekali. Putaran fan sangat kencang, dan mampu
menjaga suhu mesin stabil.
Bahan :
- Switch fan type NC (Normally close). Yaitu switch saat suhu udara normal berada dalam kondisi menyambung, dan saat panas tercapai akan memutus arus.
- Rellay 5 kaki type 87a.
- Rellay 4 kaki universal.
Cara bekerja rangkaian :
Saat suhu rendah, switch tersambung, membuat Rellay 5 kaki mengalirkan arus ke kaki 87. Sehingga tidak ada aliran arus ke switch 4 kaki. Fan mati.
Saat suhu tinggi, switch putus, sehingga rellay 5 kaki mengalirkan arus ke kaki 87a. Sehingga arus mengalir ke rellay 4 kaki dan ada aliran ke Fan. Fan menyala. Pada skema ini, rellay 5 kaki berfungsi sebagai trigger untuk rellay 4 kaki. Rellay 5 kaki tidak dibebani arus besar. Arus besar dibebankan kepada rellay 4 kaki. sehingga rellay 5 kaki akan lebih awet.
Kelebihan penggunaan rellay 5 kaki dan switch type NC adalah :
- Fan menyala saat switch OFF. Kerusakaan switch biasanya berupa "switch tidak mau ON". Sehingga bila switch rusak, dia berada dalam kondisi OFF terus, membuat fan akan nyala terus. Resiko overheat menjadi minimal sekali.
- Pada rangkaian dengan switch NO dengan relay 4 kaki, bila switch rusak (tidak bisa ON), maka fan tidak akan menyala. Menyebabkan overheat. Ini pernah dialami penulis ketika masih menggunakan rangkaian type 1. Jalan keluarnya adalah kita harus memutus kabel ke swtich dan menghubungkan langsung ke ground.
Itulah beberapa skema yang bisa kita gunakan. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.
Joz gandos ,salut masih kersa ngeblog..
BalasHapussangat membatu teman2 yg masih suka piara mobil lawas...
matur nuwun..
Inggih Om. Monggo kalo punya pengalaman dishare ke teman-teman. Biar bermanfaat.
HapusMatur nuwun gan
BalasHapusBisa menambah pengetahuan
Tks Om Eliyanto sudah menyempatkan diri mampir.
Hapuskipas radiator ku mati knp ia om..tp saat d jumper nyala..apakah sensor nya
Hapusmohon pencerahannya... beda thermo switch sm switch fan itu apa ya? trus fungsi masing2nya.. salam hangat dari Ford Laser Tangerang Raya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTerima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Saya akan berusaha menjelaskan thermo switch dan switch fan.
BalasHapusThermo switch adalah sebutan untuk semua switch yang bekerja berdasarkan panas.
Switch fan adalah switch yang berfungsi menjalankan fan (termasuk fan radiator).
Cara kerja switch fan berdasarkan panas. Jadi switch fan termasuk dalam golongan thermo switch. Singkatnya, switch fan adalah thermo switch yang dipasang pada fan radiator.
Ada lagi satu part yang kadang bikin kita salah sebut. Yaitu thermo sensor. Yaitu sensor panas yang disambungkan dengan indikator suhu di dashboard.
Semoga tidak tambah bingung.
tak cek dulu silvy ikut aliran yg mana ya??? btw...superrrrr sekaliii blog kita ini!! Lanjutkan!!
BalasHapusom mohon pencerahan, kalau mesin habis jalan masih panas maka saat mau starter begitu kontak on fan masih menyala karna suhu masih tinggi sehingga starter akan berat. bisa kasih rangkaian relay yg memutus arus fan saat dinamo starter on. terimakasih.
BalasHapusPada dasarrnya saat kita putar kontak starter, maka semua hubungan kelistrikan ke perangkat lain selain dinamo starter akan putus. Coba perhatikan, saat starter pasti tape radio akan mati. Kalau masih tetap hidup, mgkn sistem switch kontak sdh berubah. Perlu diurut kabelnya.
BalasHapusOm. Untuk rangkaian tipe nc. Yg skema garis warna hijau 85 relay kaki 4. Itu nyambung kemana ya?
BalasHapusGaris warna hijau dihubungkan dengan soket ke switch. Posisi switch terletak di bawah Delco.
HapusApa bisa di sambung ke masa yg relay kaki 4 yg warna hijau nya apa bisa di jemper ke switch nyA
HapusSebenarnya jika fan nyala terus ada kendala gk sih om? Karena switch ane dah rusak. Jadi fan nyala terus. Di ganti switchnya lagi juga sama gak bertahan lama.
BalasHapusSecara umum sebenarnya tdk ada masalah yg serius. Namun ada beberapa kerugian antara lain :
Hapus1. Umur fan jadi pendek karena nyala terus.
2. Umur aki juga lebih pendek karena kena beban berat, terutama saat starter.
3. Suhu optimal pembakaran tdk tercapai shg bensin jadi boros, tenaga kurang maksimal.
salam mas priyo... trimakasih blognya sangat bermanfaat
Hapussaya juga bgtu fan radiator lgsg on swaktu kontak n sy fikir jg rugi banyak di strum, motor fan dan bensin, sy masih bingung mslh relay krn bbrp relai sy ga tau ada yg idup atau mati sy g bs tau... sy skrg by pass kabel strum ke coil krn fan sering mati mddk baiknya sambungan kemana y apa lgsg ke aki tanpa sekring atau relai atau bgmn ...terimakasih
Siip
BalasHapusOm, thermoswitch yg type normally open pke dari mobil apa ya?
BalasHapusMakasih om, i fo ya sangat bermanfaat... Saya ngerawat mo-tu charade tapi gak tw mesin. Sangat terbantu dengan blog ini.
BalasHapusTha ks om, semangat terus berbagi pengetahuan
terims kasih atas pencerahanya ...sehingga saya jadi paham... maslahnya sebelumnya belum paham ulasanya setelah saya lihat skemaya...sangat paham...selamat berkarya
BalasHapusselamat malem suhu.... sya mau nanya nih. saya punya mobil mazda inyweplai 90. switch yangnletak z d bawah karburator itu switch apa z... dan gungsi z buatbapa z... soal z punya saya dah rusak... trus bisa pake swit z apa z yang cocok...
BalasHapusLagi nyari swith charage dahatsun tahun 1991
BalasHapusMobil ford laser GL saya swith sensor panasnya patah apakah itu bisa mngskibatkan overhead?
BalasHapusKlau mau diganti apkh ada persamaan dengan mobil yg lain ?