Selasa, 25 Agustus 2015

KASET ADAPTOR


Seperti halnya mobil tahun tua, maka biasanya sedulur Flocker juga mendapatkan perlengkapan bawaan model tua juga. Misalnya HU (Head Unit/tape). Seperti yang dialami penulis. Penulis mendapatkan perlengkapn tape mobil type jadul di FL. Tape merk Alpine dengan speaker merk sama. Kemungkinan ini masih orisinil bawaan mobil.

Tape ini masih jadul. Hanya bisa memutar kaset pita dan radio saja. Tidak ada lubang jack (colokan) aux-in untuk menyalurkan suara dari luar unit. Otomatis, penulis hanya bisa menikmati siaran radio atau memutar kaset yang juga sudah jadul.

Kondisi ini membuat penulis memutar otak agar bisa memutar musik atau video, dan suaranya bisa masuk ke system tape tadi.  Dari hasil googling, maka penulis menemukan salah satu alat untuk menyalurkan suara dari Handphone atau sumber suara lain ke tape yang masih jadul tadi. Alat tersebut bernama "KASET ADATOR/KASET ADAPTER".
Gambar : Kaset Adaptor.

Maka, penulispun berburu benda ini. Sayangnya, penulis sudah keliling ke toko-toko di sekitaran Sepanjang dan jalur ke arah tempat kerja, barang tersebut tidak ditemukan. Kondisi ini selanjutnya memaksa penulis untuk mencari jalan lain. Penulis mempelajari sistem kerja alat ini. Ternyata sangat sederhana. Sistem kerjanya adalah head tape mobil menempel head pada kaset adaptor.

Berbekal itu, maka penulis memutuskan untuk membuat sendiri perangkat tersebut. 


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Cari head dari tape. Bisa beli baru di toko atau dengan mengambil dari tape bekas yang sudah tidak terpakai. Saya mendapatkan head dari blusukan di loakan. Dengan harga 2 ribu saja. Dapat mekanik tape rusak, dengan 2 head. Satu saya pakai sendiri, dan yang satunya saya kasihkan tetangga yang tertarik untuk mengikuti jejak saya.
  • Cari Kaset bekas. Yang sudah rusak nggak apa-apa. Karena yang digunakan hanyalah kotaknya saja.  

 
  •  Keluarkan pita dari dalam kaset. Semua isi kaset dikeluarkan. Kemudian buat dudukan untuk head dengan menggunakan solder atau pucuk pisau yang dipanaskan.
  • Pasang head pada tempat tadi. Atur posisinya agar sesuai atau pas dengan posisi head dari tape saat menekan pita. 
  • Setelah posisi head dirasa pas, pasang dengan kuat. Boleh dikasih lem.  Atau dikasih sekrup. Kemudian sambung head dengan kabel jack stereo. Kabel jack bisa diperoleh di toko elektronik. Atau seperti saya, dapat dari bekas kabel input speaker aktif yang sudah tidak terpakai.
  • Buatkan lubang di bagian samping kaset. Sehingga kabel bisa keluar. 
  • Tutup kaset dengan mengencangkan skrupnya. Dan, jadilah kaset adaptor buatan sendiri.


Dengan kaset adptor ini, saya bisa menikmati video musik, film, maupun MP3.  Dan goyangan Lilin Herlina akan menemani saya kalau sedang menjalankan tugas menunggu nyonya belanja. Si kecil pun bisa menikmati Dora, Shaun The Sheep maupun Thomas selama perjalanan.

Untuk menjaga agar batteray tablet tidak drop, saya menggunakan charger universal dari lubang lighter (colokan korek). Beli di pinggir jalan harga 25ribu.
Selamat mencoba......




 


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar