Rabu, 05 Agustus 2015

Tips n Trik : KURAS TANKI BBM



Lama tidak ngeblog karena kesibukan. Kali ini penulis akan membagikan tips untuk membersihkan/menguras tanki BBM tanpa menurunkannya. Tips ini berasal dari petuah Suhu FJC, Om Aditya Permana Putra. Sudah diterapkan di FL beberapa dulur Jatim (khususnya Surabaya-Sidoarjo) dan berhasil dengan efektif. Penulis juga sudah menerapkannya. Sempat diunggah di FB oleh Om Dykamari Ramadhan. Penulis comot gambarnya dari situ.

Salah satu kendala FL yang sering ditemui adalah filter bensin cepat kotor dan tersumbat. Sehingga menyebabkan FL kesayangan kita mogok. Maklum, sebagai mobil tua yang usianya sudah belasan bahkan puluhan tahun, tentunya kotoran yang mengendap di tanki bensin sudah banyak. Apalagi kalau kita malas untuk mengurasnya.
Nah, urusan kuras menguras ini memang seringkali membuat sedulur Flocker malas untuk melakukannya. Pekerjaan ini tergolong pekerjaan berat, walau sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Berat, karena mengharuskan ngolong di bawah mobil. Bagi yang tidak terbiasa, tentu akan membuat pinggang minta pijat. Penulis pernah melakukan pekerjaan ini, dan hasilnya selama seminggu pinggang masih terasa sakit.
Menyiasati hal tersebut, suhu Aditya Permana Putra bagi-bagi tips. Walau hasilnya tidak sebersih kalau kuras turun tanki, namun cara ini cukup efektif dan berhasil.

Berikut ini tips dan trik dari suhu Aditya :
Bahan : Magnet dari speaker bekas. Semakin besar magnet semakin efektif.
Cara :

  1. Buka jok belakang FL kesayangan kita. Yang dibuka hanya joknya saja. Tidak usah membuka sandarannya.
  2. Dari lantai tempat jok berada, akan kelihatan lubang persegi yang ada tutupnya. Mungkin di beberapa FL tutup ini sudah tidak ada, sehingga langsung nampak bagian tanki sebelah atas.
  3. Buka tutup tersebut. Maka nampaklah tanki bagian atas. Nampak tutup lonjong yang ada selang/pipanya.
    Lubang tanki nampak dari dudukan jok belakang.
  4. Buka tutup tersebut menggunakan obeng. Ada 8 skrup yang harus kita lepas.
  5. Angkat tutup tersebut. Di bagian tutup ini ada pelampung dan filter bawah.
  6. Masukkan magnet. Lalu geser-geser ke segala sudut tanki. Kemudian goncang-goncanglah body mobil sehingga bbm bergolak.
  7.  Angkat magnet. Maka magnet akan membawa kotoran yang melekat.
    Magnet penuh dengan kotoran yang melekat.
  8. Bersihkan kotoran. Lakukan langkah ke 6 s/d 8 berulang-ulang, hingga kotoran yang menempel di magnet tidak ada lagi.
  9. Bila sudah bersih, masukkan magnet ke tanki. Posisikan di sudut tanki yang jauh dari lubang masuk tadi. Ini dilakukan agar magnet tidak mengganggu kerja pelampung. Bila ada 2 atau 3 magnet akan lebih bagus lagi hasilnya.
  10. Kembalikan tutup tanki seperti semula. 
  11. Pasang jok kembali. 
  12.  Nah proses kuras tanki bbm sudah selesai. Kita hanya perlu mengontrol magnet tersebut 3-6 bulan sekali.

Nah, itulah langkah mudah untuk kuras tanki. Testimoni beberapa dulur Flocker yang telah mempraktekkanya, hasilnya memuaskan. Filter bensin tidak cepat kotor. Dan kita jadi hemat biaya. Baik biaya untuk ganti filter, ataupun biaya kuras dengan turun tanki. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

                 

9 komentar:

  1. nambahin aja oom...pastikan tidak ada api / sumber api di dekat tanki ketika akan melakukan pekerjaan ini... keep safety...

    BalasHapus
  2. Om tuh magnet yg di pakai magnet yg bgm om

    BalasHapus
  3. Om tuh magnet yg di pakai magnet yg bgm om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai magnet bekas speaker oke mas. Semakin besar semakin bagus.

      Hapus
  4. Kalo kotor karena air gimana

    BalasHapus