Sabtu, 15 Agustus 2015

FAN RADIATOR 2

Seorang Flocker dibuat pusing oleh FLnya. Problemnya, temperatur selalu overheat. Padahal, radiator baru diservis. Fan /kipas bisa memutar dengan kencang. Hembusan angin sangat kuat. Waterpump berfungsi dengan baik, dilihat dari aliran air yang bergejolak bila gas dimainkan. Lantas kurang apa lagi????.......

Itulah sekelumit permasalahan yang sempat penulis baca di postingan FB. Berbagai tanggapan dilontarkan oleh para master dan pakar FL. Satu persatu dicek. Dan ternyata masalah yang sebenarnya adalah terletak pada arah putaran kipas/fan radiator. Putaran kipas radiator terbalik. Hal ini terjadi karena sang Flocker tersebut salah menyambungkan kabel pada kipas. Kabel disambung terbalik.

Putaran kipas yang benar adalah menyedot udara panas dari radiator. Aliran udara panas dihembuskan ke arah mesin. Pendinginan ini semakin berjalan dengan baik bila mobil sedang berjalan. Radiator akan mendapatkan hembusan udara segar dari arah depan. Hembusan udara segar tersebut akan disedot oleh putaran kipas, sehingga panas semakin cepat diambil.
Udara dari arah depan yang tentunya suhunya lebih rendah dibanding suhu radiator berhembus masuk ke kisi-kisi radiator, akibat adanya gerakan mobil yang melaju. Hembusan tersebut disedot oleh kipas radiator. Proses pendinginan air di radiator berjalan dengan lebih efektif.

Kondisi pada putaran yang terbalik berjalan dengan sebaliknya. Kipas menghisap panas dari mesin, dihembuskan ke arah radiator. Hembusan kipas ini sangat kuat, lebih kuat dibandingkan hembusan udara segar dari arah depan mobil. Sehingga proses pendinginan pada radiator tidak bisa berjalan dengan baik. Bukannya didinginkan, radiator justru menerima panas dari hembusan kipas yang menghisap panas mesin. Maka terjadilah overheat.

Bagaimana cara melihat arah putaran kipas benar atau salah??

Cara paling mudah adalah dengan menghidupkan mesin dan tunggu sampai kipas menyala. Kemudian para perokok disuruh menghembuskan asap rokoknya di depan radiator. Bila asap rokok terhisap, maka putaran kipas sudah benar. Bila asap rokok tertiup, maka putaran kipas salah.

Bagaimana mengatasi arah putaran kipas yang terbalik??

Caranya mudah. Sedulur Flocker hanya perlu membalik sambungan kabel kipas. Kabel yang tadinya terhubung dengan kutub (-) dihubungkan dengan kutub (+). Dan sebaliknya, kabel yang tadinya terhubung dengan kutub (+) dihubungkan dengan kutub (-). 

Itulah sedikit pengetahuan dalam proses pendinginan radiator. Semoga bermanfaat.


22 komentar:

  1. Terimaksih
    meskipun saya bukan pengguna ford tapi penjelsan ini sangat bermanfaat
    tks

    BalasHapus
  2. dulu pernah kejadian di FL saya nih om...dan ketahuan sblm dibawa ke bengkel, hehehe...

    BalasHapus
  3. matursuwun mas sharing ilmunya....

    BalasHapus
  4. matursuwun mas sharing ilmunya....

    BalasHapus
  5. Siip om membantu bgt pntesan overheat trus pdhal udh hbs di korokin radiator.a sya kira bngkel.a masang kabel fan.a kebalik wkt itu mlh tk balik lg trnyata q yg slh toh cara masang.a kwkwkw

    BalasHapus
  6. Mau nanya lg ni para suhu hidupin ac yg bener tu gmn toh apa emg saat hidupin ac kipas condenser ac.a jg ikut bareng muter atau ad switch sendiri ya yg buat muter fan condenser ac.a, soal.a kok switch.a jd 1 mau hidupin fan yg tuas.a di tarik ada no 1 2 3 4 itu ac.a jg ikut nyala jd.a stasioner.a lgsung turun mesin kya mau mati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk AC, secara umum kerjanya adalah sbb :
      1. Saat tuas/tombol dinyalakan, maka akan ada aliran listrik menuju kompresor yg diparalel dg fan condensor AC. Aliran listrik tersebut diatur secara otomatis oleh Thermostat, yg bekerja berdasarkan suhu.
      2. Fan condensor nyala dan matinya bersamaan dengan kompresor.
      3. Bila saat AC nyala, stasioner (rpm) mesin turun, maka perlu dicek :
      a. Idle up AC. Alat ini berfungsi untuk menaikkan putaran mesin (RPM). Bekerja bersamaan dengan kompressor menyala. Bila idle up sudah rusak, maka saat kompresor menyala, putaran mesin akan turun akibat kena beban memutar kompresor.
      b. Mungkin idle up masih berfungsi normal, tapi setelah penonjok gas kurang maju. Sehingga walau idle up bekerja, tapi tonjokannya tidak sampai untuk menggerakkan gas.

      Mungkin itu sekelumit penjelasan. Mohon maaf kalo ada kekurangan.

      Hapus
  7. Sorry Keluar dari konteks,,,

    Saat ini diberitakan bahwasanya ford menarik diri dari indonesia..
    yang saya tanyakan untuk kedepannya spare part bagaimana ya...
    1.Apakah bisa dikanibal dengan merk lain.
    2.Bangaimana untuk mendapatkan suku cadang nya.
    3.Mohon info ya teman teman Community Ford

    terimakasih

    jefriansyah.sugi@gmail.com

    BalasHapus
  8. Thanks infonya, semoga bermanfaat..
    Mau numpang tanya, apakah bahaya apabila Kipas Radiator/Radiator menyala, setelah mobil/mesin dimatikan (posisi off)? pertanda apa yaa?

    Mohon info yaa.. trims.. :) :)

    BalasHapus
  9. Maaf Om,, radiator mobil espass 1.5 radiator dibawah jok kursi jadi kurang dpt angin dari depan, apa masih ttp kipasnya kearah mesin?

    BalasHapus
  10. Mantap info nya tks bang��

    BalasHapus
  11. kalau dipasang kipas di depan dan hembusan kearah dalam seperti gambar 1 arah angin masuk kedalam. apakah itu sudh optimal juga pak? saya baru pasang fan di motor nih. awal kebalik. pertama pasang hembusan lebih besar ke arah depan. dan skr saya ubah hembusan masuk ke arah dalam

    BalasHapus
  12. saya pasang fan di bagian depan radiator pak. karena posisi di dalam sempit dan belum buat lubang dudukan baru.

    BalasHapus
  13. Maaf gan.. Sya pengguna kijang.. Dengan kipas konvensional.. Dan hembusan angin nya malah ke radiator... Itu gimana ya solusi nya

    BalasHapus