Rabu, 15 Oktober 2014

MEMERIKSA OLI TRANSMISI

 Posisi gigi nanas speedo meter

Oli transmisi atau oli gardan atau sering juga disebut oli bak persneleng, merupakan salah satu bagian yang wajib kita kontrol.  Gardan/transmisi adalah bagian mobil yang menyalurkan tenaga mesin ke roda. Semakin berat kerja mobil, semakin berat pula beban kerja gardan/transmisi ini. Oleh karena itu keberadaan dan mutu minyak pelumas (oli) wajib kita kontrol.

Memeriksa oli gardan tidak semudah memeriksa oli mesin.  Karena keberadaan alat kontrol oli gardan berbeda dengan oli mesin.  Pada oli mesin kita dapat memeriksa dengan menggunakan dipstick yang sudah disediakan. Namun tidak dengan oli gardan.

Pada oli gardan, alat kontrol menjadi satu dengan spedometer, yaitu bagian gigi nanasnya.  Untuk memeriksanya, perlu usaha agak ekstra. Karena  posisinya memang sulit untuk dijangkau.  Namun jangan bingung. Ikuti petunjuk berikut untuk memeriksa oli gardan.

  1. Siapkan kunci no. 10.  Kunci T bergagang panjang lebih mudah kita gunakan. Juga obeng min untuk bantuan.
  2. Perhatikan posisi gigi nanas speedo meter.
  3. Lepas baut dengan menggunakan kunci no. 10.
  4. Congkel pelan-pelan dengan obeng min,  bagian baut yang dilepas tadi. Sambil mencongkel, bonggol gigi nanas kita gerakkan memutar ke kiri dan ke kanan. 
  5. Kemudian lanjutkan dengan memutar ke kiri ke kanan sambil ditarik ke atas.
  6. Nah, gigi nanas sudah tercabut. 
  7. Lap gigi nanas dengan kain bersih. Lalu celupkan lagi.
  8. Angkat lagi dan periksa ketinggian oli. Batas atas (maksimum) oli adalah gigi nanas bagian leher atas. Batas minimum adalah bagian leher bawah gigi nanas. Perhatikan juga kenampakan oli. Kalau sudah keruh sekali, mungkin sudah waktunya kita ganti.
  9. Setelah itu pasang lagi gigi nanas pada posisi semula.  Memberi lem 3bond merah baik dilakukan untuk mencegah oli merembes melalui mulut gigi nanas tersebut.
Untuk oli transmisi, gunakanlah oli SAE 80-90. Bisa menggunakan merk Pertamina (Rored), maupun merk lainnya sesuai dengan selera.

Kapasitas oli transmisi sesuai dengan mannual booknya adalah 3.2 liter.

Nah, selesailah pekerjaan memeriksa oli transmisi.
Semoga bermanfaat.....

 

13 komentar:

  1. Terima kasih Gan, smoga menjadi amal agam dan Ford Laser Community Jawa Timur tetap exis dan semakin banyak memberikan tulisan 2 yg bermanfaat Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat membantu baik pemula maupun yg baru tau bravo comunity jatim

      Hapus
  2. Klu ford leser baik nya pake oli transmisi apa bos

    BalasHapus
  3. Kalo sama Mazda interplay Kapasitas oli transmisi sm ndak ya om. ..

    BalasHapus
  4. Agan2 dmn ada jual cromes ford laser 93

    BalasHapus
  5. Kalo oli perseneleng naik ke kilometer,trs netes ke pedal kopling. Gmn cara perbaiki nya?

    BalasHapus
  6. kalo nguras oli transmisi lewat sebelah mana yha

    BalasHapus
  7. om mau nanyak kalo oli transmisi pakek oli sae 40 bisa ndak om

    BalasHapus
  8. om mau nanyak kalo oli transmisi pakek oli sae 40 bisa ndak om

    BalasHapus
  9. Selangkong benyak artinya terima kasih banyak terimakasih banyak atas petunjuk suhu bisa pengatahuan lepas nambah oli bak presneleng salam dari lumajang buat suhu

    BalasHapus
  10. Pokok nya mbl ford lasee oke

    BalasHapus
  11. Mntap agan...pengetahuan tentang ford laser mkin ningkat...salam laser

    BalasHapus